Property

Sirkulasi Udara pada Lahan Bersudut Banyak

TANYA

Kami memiliki rumah tipe 45/167 dengan tata ruang asli seperti pada gambar terlampir. Mengingat tanah kami bersudut banyak, kami kesulitan untuk menatanya. Kami menginginkan ruang-ruang sebagai berikut.

a. Kamar tidur 4 buah (1 utama, 3 anak)

b. Kamar mandi

c. Ruang tamu

d. Ruang keluarga (yang berkesan lapang)

e. Dapur

f. Ruang makan

Sebagai tambahan, rumah kami terletak di lembah dengan arah angin dari timur ke barat. Mohon arah angin tersebut menjadi pertimbangan dalam menciptakan sirkulasi udara alami. Atas saran yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Ir. Dhyan Purbo Nugroho

Banyumanik, Semarang

JAWAB

Bentuk lahan Anda sebetulnya menarik, karena melebar ke belakang. Dari daftar ruang yang Anda butuhkan, sebetulnya bisa saja semua ruang diletakkan pada satu lantai. Namun dengan adanya 3 ruang tidur anak, tentu diperlukan ruang tambahan untuk servis, yang bisa berupa gudang atau ruang tidur pembantu. Jadi, di bagian belakang saya tambahkan ruang-ruang servis tersebut.

Dapur saya pindahkan ke bagian depan rumah Anda, sehingga bisa menjadi jalan masuk samping buat rumah Anda. Dapur ini terbuka dan menyatu dengan ruang makan. Ruang keluarga, selain menyatu dengan ruang makan, juga terbuka terhadap ruang tamu. Dengan demikian ruang akan terasa lapang.

Kalau arah angin banyak dari arah depan rumah, maka sangat baik apabila bukaan-bukaan berada di muka rumah. Contohnya pada jendela kamar tidur anak yang juga saya pindahkan ke depan.

Ruang tidur anak lainnya saya letakkan di lantai atas yang berbentuk mezzanine dengan void terbuka ke lantai di bawahnya.

Denah rumah Anda menjadi seperti berikut ini.

Lantai Bawah

1. Carport

2. Teras

3. Ruang tamu

4. Ruang keluarga

5. Ruang makan

6. Dapur

7. Ruang tidur anak 1

8. Kamar mandi

9. Ruang tidur utama

10. Teras belakang

11. Gudang/kamar tidur pembantu

12. Usulan kamar mandi pembantu

13. Ruang cuci dan setrika

14. Tempat jemur

Lantai Atas

1. Ruang tidur anak 2

2. Ruang tidur anak 3

3. Kamar mandi

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Meningkat Rumah

(gambar: denah asal-yuga.doc)

(gambar: yuga.jpg)

TANYA

Saya ingin merenovasi rumah berukuran 8 m x 16 m menjadi dua lantai. Di atas dapur sampai belakang telah didak (standar pengembang). Di bagian belakang rumah telah saya tambahkan dak untuk jemuran yang di bawahnya terletak kamar tidur pembantu dan kamar mandi. Saya ingin kamar tidur anak menjadi dua, menambah ruang tidur tamu, memperbesar dapur, memperbesar ruang tidur utama (ditambah kamar mandi), serta membuat kamar mandi umum/pembantu dan tempat ibadah (mushola). Atas sarannya saya ucapkan terima kasih.

Yuga

Bogor

JAWAB

Sdr Yuga,

sayang sekali Anda tidak memberikan gambar posisi lantai dak beton rumah Anda. Disamping itu, ukuran-ukuran yang Anda berikan pun agak kurang lengkap, sehingga saya terpaksa mengira-ngira bagian yang tak ada ukurannya. Mudah-mudahan usulan yang saya berikan dapat memberikan ide untuk rencana renovasi rumah Anda.

Pada prinsipnya, denah lama tidak saya ubah total. Ruang tidur depan saya ubah menjadi ruang tidur tamu, yang posisinya saya geser merapat ke dinding samping kiri. Dengan demikian, kamar mandi saya pindahkan di antara ruang tidur tamu dan ruang tidur utama. Mungkin Anda bertanya, bagaimana dengan sirkulasi udara atau ventilasi untuk kamar mandi? Untuk ini, Anda bisa menggunakan exhaust fan yang dipasang di langit-langit kamar mandi. Ruang di antara langit-langit dan dak beton tersebut menjadi semacam saluran udara bagi kamar mandi Anda. Untuk membuang udara ini keluar, Anda tinggal mnambahkan kisi-kisi pada dinding terluar. Dengan demikian, masalah kelembaban udara kamar mandi bisa teratasi, sehingga kamar mandi tidak menjadi bau.

Ruang tidur pembantu saya ubah menjadi seperti pada gambar, agar ruang menjadi sedikit lebih lega. Di atasnya saya jadikan tempat cuci dan jemur. Dapur saya pertahankan tetap di posisi semula, sehingga Anda tetap masih memiliki pintu masuk kedua (side entrance). Ruang tidur tambahan untuk anak-anak saya letakkan di atas, demikian juga dengan ruang keluarga.

Nah, Sdr. Yuga, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi anda sekeluarga.

Lantai Bawah

1. Carport

2. Teras

3. Ruang tamu

4. Ruang makan

5. Dapur

6. Ruang tidur tamu

7. Kamar mandi

8. Ruang tidur utama

9. Kamar mandi

10. Teras belakang

11. Ruang tidur pembantu

12. Kamar mandi pembantu

Lantai Atas

1. Ruang keluarga

2. Ruang tidur anak 1

3. Kamar mandi

4. Ruang tidur anak 2

5. Ruang ibadah (mushola)

6. Ruang cuci dan jemur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Beli, Jual, Sewa Area Balikpapan, Yogyakarta, Bandung, Jakarta Raya

Visiter

Flag Counter

free counters

Pages

December 2016
M T W T F S S
« Jul    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: