Property

Penerangan yang Memberi Nuansa

Agak sulit menemukan padanan dalam bahasa Indonesia yang pas untuk istilah downlight. Sehingga kemudian istilah asing ini menjadi lumrah bagi telinga kita.

Seperti yang terbayang di raut kata itu sendiri, downlight merupakan bentuk atau model penerangan dengan arah sinar ke bawah.

Lampu yang mendukung penerangan downlight, di sini dikenal dengan istilah lampu downlight. Sementara di negara-negara barat sana, lampu ini lebih dikenal dengan istilah recessed lamp (lampu yang ditanam ke dalam ceruk).

Lampu downlight dipasang pada langit-langit. Jika lampu biasa menempel pada permukaan plafon, lampu downlight “masuk” ke dalam plafon. Untuk memasangnya kita harus melubangi plafon, dan meletakkan “rumah lampu” di atas plafon sehingga tidak tampak dari pandangan kita. Sedangkan bola lampunya sendiri tidak terekspos seluruh bagiannya—umumnya dilindungi penutup berbentuk silinder.

Karena berada di dalam ceruk plafon, sinar yang disorotkan lampu downlight akan berbentuk segitiga (melebar ke bawah). Dengan demikian sebuah ruangan yang menggunakan lampu ini, menjadi tidak terang secara merata—ada bagian yang lebih terang dan ada bagian yang lebih redup.

Lampu downlight bisa berfungsi sebagai penerangan utama atau sebagai penerangan khusus pada titik-titik tertentu (spot light). Jika ia digunakan untuk penerangan utama, tentunya dibutuhkan lampu yang cukup banyak—sampai sudut sinar dari satu lampu bertemu atau tumpang tindih dengan sudut sinar lampu lainnya (lihat sketsa). Dengan demikian tidak ada area yang gelap karena tidak terkena sinar lampu.

Mungkin ada yang beranggapan bahwa menggunakan lampu downlight untuk penerangan utama membutuhkan biaya yang lebih besar ketimbang menggunakan lampu biasa. Ya, ini karena jika dengan lampu biasa kita cukup memasang satu, sedangkan dengan lampu downlight kita perlu memasang beberapalampu.

Akan tetapi bentuknya yang rapi (karena rumah lampu tidak terlihat), dan sinarnya yang tidak merata melainkan bergradasi, justru memberikan nuansa pada sebuah ruangan. Untuk alasan dekoratif, gradasi sinar memberikan efek dimensi dan kesan dramatis. Apalagi jika sinarnya berwarna kekuningan. Inilah mengapa banyak orang memilih model penerangan downlight untuk menerangi ruang tamu, ruang keluarga, teras, atau bahkan untuk diletakkan di rak-rak kitchen set. Terlihat indah dan mengesankan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Beli, Jual, Sewa Area Balikpapan, Yogyakarta, Bandung, Jakarta Raya

Visiter

Flag Counter

free counters

Pages

December 2016
M T W T F S S
« Jul    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: