Property

Jendela Rumah Kita

Bagian tak terpisahkan dari sebuah rumah ini memiliki dua fungsi utama yakni memberi penerangan tambahan dan penyejuk alami. Namun perlu berhati-hati dalam pembuatan dan pemasangannya, jangan sampai salah perhitungan agar tidak berdampak negatif. Jendela yang berjumlah sedikit tentunya kurang membantu sirkulasi udara di sebuah ruangan dan memberi kesan gelap / suram. Sebaliknya, jika jendela terlalu banyak dalam sebuah bangunan, sinar matahari akan masuk berlebihan akibatnya ruangan menjadi cepat panas. Sebenarnya, jika penghuni rumah mengetahui jendela apa yang pas untuk rumahnya, maka rumah akan terbantu sekali dengan adanya jendela. Bahkan bisa menghemat penerangan pada pagi, siang dan sore hari.

Apabila Anda ingin mengganti jendela atau berniat mencari jendela yang sesuai untuk rumah baru, berikut ini ada beberapa jenis jendela yang lazim digunakan:

Jendela atas-bawah (Double Hung Window). Jendela ini terdiri atas dua bagian, atas dan bawah, keduanya dapat dibuka secara bergantian dengan menggesernya (sliding). Udara bisa masuk dari atas ataupun bawah jendela, tergantung pada kebutuhan. Jendela jenis ini dapat dipasang untuk semua desain rumah, mulai dari rumah bergaya klasik hingga modern baik ruangan besar ataupun mungil. Biasanya jendela jenis ini terbuat dari bahan kayu namun jika Anda ingin membuatnya dari bahan aluminium, sah-sah saja.

Jendela persegi panjang (Casement Window). Jenis jendela yang seperti ini sangat sesuai untuk bangunan rumah jaman dahulu / klasik. Jendelanya terbuka keluar dan terbuat dari kaca, engsel dapat dipasang di samping atau di atas.

Jendela horizontal (sliding window).

Bentuk dan cara membukanya mirip dengan jendela double hung, namun jendela yang ini dipasang horizontal sehingga dapat dibuka ke kanan / kiri. Umumnya jendela seperti ini sesuai diaplikasikan pada kamar mandi, tempat mencuci, ataupun ruangan lain yang memerlukan sedikit pencahayaan.

Jendela awning. Jika Anda ingin memasang jendela namun tidak mempersoalkan jumlah angin yang masuk dan menghindari air hujan, pilih saja jendela jenis ini. Engselnya dipasang diatas dan layar jendela terbuat dari kaca. Untuk yang berjenis Hopper, engsel jendela terbalik yakni di bawah dan biasanya digunakan oleh negeri empat musim untuk jendela ruang bawah tanah. Mereka menyebut jendela ini fixed pane window.  Kini, di perkotaan besar, jendela ini juga banyak digunakan pada perkantoran. Jenis jendela yang tidak dapat dibuka lebar ini untuk mempercepat keluarnya asap rokor dan ditutup kembali karena ruangan menggunakan AC.

Jendela Bi-fold. Jendela ini sengaja dipasang di depan rumah sebagai pintu pembuka rumah atau di bagian samping kamar tidur atau samping rumah karena bersebelahan

dengan taman / kolam renang. Permukaan jendela ini terbuat dari kaca dan bentuknya menyerupai pintu yang dapat dibuka seluruhnya ataupun sebagian. Untuk itu, hindari memasang jendela ini di tempat yang sering terkena hujan dan percikan air dan sengatan sinar matahari.

Setelah mengetahui jenis-jenis jendela, Anda pe rlu juga mengetahui beberapa tips membuat jendela semakin indah dan menawan jendela seperti berikut ini:

– Bagaimanapun bagusnya tampilan jendela, pastikan warnanya senada denga n pintu, dinding atau atap rumah Anda.

– Buat jendela semakin menawan dengan menambahkan meja atau rak dibawahnya untuk memajang benda-benda hiasan, pot-pot tanaman atau koleksi buku. Dengan demikian, Anda sekaligus memanfaatkan ruang kosong yang ada di sekitar jendela. Tentunya tidak semua jendela dapat Anda beri meja, hanya pada ruang keluarga dan kamar tidur.

– Pasang kaca film pada jendela untuk menyerap paparan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Bahkan bisa juga untuk mempercantik hunian. Anda bisa mendapatkan beragam jenis dan warna kaca film di toko / swalayan bahan bangunan. (bpp.property@yahoo.co.id)

Beli, Jual, Sewa Area Balikpapan, Yogyakarta, Bandung, Jakarta Raya

Visiter

Flag Counter

free counters

Pages

December 2016
M T W T F S S
« Jul    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: